Categories

google translate

Sabtu, 10 Desember 2011

Wisata Malam Lawang Sewu

Lawang Sewu... Apakah yang ada di benak anda bila mendengar Lawang Sewu?? Bangunan tua yang kokoh, anggun atau mungkin seram, mistis?? Lawang Sewu bisa dikatakan merupakan landmark/ikon/tetenger dari Kota Semarang. Letak nya di seberang Tugu Muda menjadikan nya banyak dilalui oleh warga Semarang sendiri maupun pendatang dari luar kota yang kebetulan melintas di Kota Semarang. Sekarang Lawang Sewu tidak begitu seram lagi karena adanya perbaikan gedung yang di gagas oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono untuk menghilangkan rasa seram/angker dari bangunan lawang sewu ini.

Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan jaman belanda yang dibangun pada 1904. Semula gedung ini untuk kantor pusat perusahaan kereta api (trem) penjajah Belanda atau Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS). Gedung tiga lantai bergaya art deco (1850-1940) ini karya arsitek Belanda ternama, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Lawang Sewu terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda. Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu), ini dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu.
Malam minggu tanggal 10/12/2011, saya dan teman-teman geologi lainnya menyempatkan (tujuan utama me-support acara Perhimagi Cup di Geologi Undip) untuk wisata malam ke Lawang Sewu, dengan membayar 10 ribu di tambah tour guide 30 ribu kita sudah bisa menikmati jalan malam di Lawang Sewu dengan sensasi yang berbeda ketika berkunjung pada siang hari. Bagi yang ingin masuk le lorong bawah tanah bisa dengan membayar 10 ribu juga satu orang di tambah bayar tour guide 30 ribu. Cekidot untuk foto-fotonya.

pemandu menjelaskan tentang Lawang Sewu 
salah satu bagian atap Lawang Sewu (biasanya banyak terdapat kenampakan  di sini)
lorong pintu, miss focus
tiap lorong membawa aura tersendiri :p
istirahat dulu...
setelah keliling2 lawang sewu
sudut lawang sewu
seberang lawang sewu terdapat Tugu Muda
Lawang Sewu from Tugu Muda
Dengan adanya rehabilitasi fungsi Lawang Sewu secara keseluruhan, mudah-mudahan dapat mendongkrak popularitas Lawang Sewu bukan karena angker dan seramnya namun karena arsitektur bangunan yang sangat bagus untuk di pelajari.

See u next journey,,,bye,,bye..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih komentarnya ya reader :D