Categories

google translate

Selasa, 17 Agustus 2010

Share buat sendri Lens Adapter untuk Kamera Super Zoom Tanpa Ulir Filter

Ini aku dapat dari kaskus..
Idenya agan Verdan..
hehe..
hmm,,mudah2an berguna ya...

Begini isinya..

Nyubi ijin buat thread share ya momod.. Kalo melanggar, mohon langsung di delete aja, tapi jangan di bata in ya..

Berawal dari info yang nyubi dapat, bahwa dengan filter close up, bisa membuat bokeh jadi lebih bagus. Tapi masalah muncul karena kamera ane gak punya ulir tempat filter. Cari-cari info, dapet info lagi dengan kaca pembesar (lup) bisa menggantikan filter close up. Coba-coba, tangan kanan pegang kamera, tangan kiri pegang lup, gak pernah berhasil. Goyang terus, jadi miss focus.. Mikir-mikir, harus ada pegangan lup di kamera biar bias bebas dari goyangan. Cari-cari di Mbah Google, liat-liat di internet ternyata ada lens adapter buat kamera type ini, tapi belunya kudu di ebay.

So.. kenapa gak ditiru aja mekanisme nya.. cari-cari bahan yang cocok. Ada yang ngasih saran pake pipa PVC, tapi bodi kamera bisa baret-baret.. Akhirnya jatuh pilihan ke busa ati/sponge ati untuk dibuat jadi lens adapter. Karena cukup kuat dan lentur, sehingga tidak merusak body kamera. Kebetulan bahan ini ane punya banyak bekas ultah-an anak ane. Harganya juga murah. Sebagian mahasiswa arsitek atau interior design mungkin udah tau bahan ini, karena serig dibuat sebagai bahan maket juga.

Bahan :
- Busa Ati/Sponge Ati – Harga Rp. 13.000,- selembar (ukuran 1.2m x 2.4m)
- Kaca pembesar – Harga Rp. 5.000
- Lakban – Harga Rp. 2.000

Ok. Langsung aja kita buat. Pertama ukur panjang lensa kamera saat zoom mentok (dari pangkal lensa sampai ke ujung lensa).


Kemudian potong busa ati seukuran panjang lensa kamera ditambah +- 1cm x diameter terbesar lensa kamera. Ditambah potongan yang lebih kecil untuk ganjal kaca pembesar. Kebelutan kaca pembesar yang ane punya ukuran kecil, jadi perlu di ganjal agar bisa pas seukuran diameter lensa kamera.


Busa ati yang sudah dipotong, kemudian di gulung di lensa kamera dan dilakban seluruhnya.

Lepaskan kaca pembesar dari pegangannya. Pasang ganjal kaca pembesar di tube lens adapter yang sudah dibuat. Dan pasang kaca pembesarnya.

 Terakhir pasang lens adapter + kaca pembesar yang sudah jadi ke kamera.
 
Cara penggunaannya (khusus untuk kamera yang tidak ada fasilitas zoom manual), nyalakan zoom (supaya tidak vignette, dekatkan kamera ke objek sampai gambar yang terlihat di lcd kamera cukup tajam. Setelah itu baru focus kan kamera ke objek dan jepret..


Aku udah nyoba trik ini,,,
Untuk poto-potonya,,,
kayak di bawah ini,,,
cekidot...
Segitu aja sharenya,,
thank yah agan verdan udah bagi2 ilmunya...
Salam jepret aja dari saya...
^_^

5 komentar:

  1. Salam Bumi bro, bsa bntuin aq buat ngk buat lensa kit 18-55,,, menarik jg ni ide, pada buang uang beli lnsa, kwwk. Beni, tambang STTNAS 07.

    BalasHapus
  2. @beny: hehe,,,boleh bro....beli alat2 nya di malioboro aja bro,,,di toko liman,,,

    BalasHapus
  3. Busa ati itu yg dipakek buat pelapis tas bukan??

    BalasHapus
  4. cara ngelepas lensanya dri lup gimana ya

    BalasHapus
  5. cara ngelepas lensanya dri lup gimana ya

    BalasHapus

Kasih komentarnya ya reader :D