Categories

google translate

Kamis, 28 Juni 2012

Menembus Puncak Mahameru (Gn Semeru 3676 m.dpl) Part 1

Cerita ini berlangsung dari tanggal 22 sampai 27 Juni 2012. Itu semua berawal dari ajakan kakak-ku yang ingin mendaki Gunung Semeru bersama komunitas Backpacker Indonesia Bersatu, akupun mengiyakan ajakan dia, sekalian ajah biar tidak ada lagi rasa penasaranku terhadap Gunung Semeru yang terkenal dengan Puncak Mahameru ( Puncak tertinggi di Pulau Jawa). Tidak memperlambat cerita, aku akan langsung ke cerita perjalanannya Hot smile.

Jumat, 22 Juni 2012

Untuk meeting point ada di dua tempat yaitu di Surabaya (Terminal Bungurasih/Purabaya) dan di Malang (Terminal Arjosari). Aku bersama Agung dan Hery, berangkat dari Jogja Pukul 22.00 WIB, yang sebelumnya kami bertemu di depan mirot* yang di jalan Solo untuk berangkat ke Surabaya. Dengan bus, kami di bawanya melintasi jalanan Jogja-Surabaya. (Seharusnya bisa menggunakan transportasi Kereta Api, tapi karena tiket Kereta yang ekonomi sudah habis/di beli oleh calo-calo alay, makanya terpaksa deh pakai bus Angry smile).

Sabtu, 23 Juni 2012

Setibanya di Terminal Bungurasi pukul 07.00 WIB, teman-teman dari Surabaya sudah kumpul yaitu Arie Pethek, Yokha, Ni ya, Retno dan Indi. Jadi untuk sementara total personil berjumlah 8 orang (wah, udah bisa bentuk girl dan boy band ne Smile with tongue out). Kami melanjutkan perjalanan Surabaya-Malang (Terminal Arjosari).

Di dalam bus, tidak ada aktifitas apa-apa kecuali ngantuk lalu tertidurSleepy smile. Dua jam berselang, kami-pun sampai di Malang (Terminal Arjosari). Di sana sudah menunggu personil pendaki lainnnya yaitu Mas Syam, AA’Ipul, AA’ Surya, Mas Andry, Tatak, Mas Eko dan Mas Ilham. Jadi total sekarang personil menjadi 15 orang. Sambil menunggu kurang 2 personil lagi dari Jakarta, kami berangkat duluan ke Tumpang.

15_5554

Setelah semua barang diikat di atas angkot, kami-pun melaju ke Tumpang Auto. Kurang dari 30 menit, kami sampai di Tumpang. Karena masih menunggu teman dari Jakarta, kamipun bertamu sekalian istirahat sejenak di rumah keluarganya Mas Syam sambil memenuhi kebutuhan logistik, transportasi dan konsumsi Tim.

Siang berganti sore, sore berganti malam, malam berganti tengah malam, barulah teman dari Jakarta datang, Mimi dan Gema namanya. Akhirnya, di putuskan jam 04.00 WIB berangkat dari Tumpang ke Basecamp Ranu Pani (info ajah sih, waktu malam itu ada pertandingan Euro 2012 antara Perancis dan Spanyol, alhasil Perancis kalah 0-2, waduh,,tim kesayangan kalah Crying face). Udah-udah, tidur dulu besok mau jalan-jalan,,asssyyek Smile with tongue out.

Minggu, 24 Juni 2012

Pukul 04.00 WIB, kami bersiap untuk melanjutkan perjalanan. Sekarang kami bertambah personil 2 orang jadi 15 + 2 = 17 Personil. Dengan transportasi truk bak yang di isi pupuk kami berangkat ke Ranu Pani. O..iyah, kami berangkat ke Ranu Pani kami juga bareng dengan 4 orang, rombongan dari Palembang (Wong kito galoh, tak pacak-pacak lah,, Winking smile).

IMG_5566suasana di bak truk..hahaha Hot smile

14_5567narsis dulu wak,, Smile with tongue out

Untuk rute jalannya bisa di lihat gambar di bawah ini, jadi kita berada di Tumpang (A) barat laut menuju Gunung Semeru (B) tenggara Open-mouthed smile.

imageSumber : google maps

Berkelok-kelok jalanan menuju Ranu Pani membuat perjuangan di dalam bak truk semakin aduhay, apalagi ketika duduk di kayu bak, trus ada lobang…jeeegeerr…pantat terasa mau lepas (*Lebay..wkwk). Pertengahan jalan, Sunrise-pun terlihat indah sekali, di Ufuk timur, warna keemasaan itu muncul Open-mouthed smile.

47_5576

Melewati gapura Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, jalan semakin berlika-liku. Sampai di perumahan warga, truk singgah sebentar untuk menurunkan pupuk.

Setelah pupuk semua turun, kami melanjutkan perjalanan lagi. Sepanjang perjalanan terasa indah sekali, karena jalan berada di sisi barat daya dari pegunungan bromo dan tengger alhasil, kamipun berhenti dan berfoto Camera ria di sana.

42_6098dari bak truk ajah udah bisa menikmati jejeran Gunung Bromo dan Tengger…

43_5587

16_5594ke Bromo…lewat sini bro Hot smile

18_5598lagi-lagi narsis…Hot smile

Sudah puas berfoto ria, kami melanjutkan perjalanan ke Ranu Pani. Selang berberapa menit, Danau Ranu Pani pun kelihatan.

47_5651

47_5638

19_5642khan,,,narsis lagi,,,ckck,,,Crying face

Sebelum mendaki, kami mendaftar dulu di bagian retribusi dan juga melampirkan Surat Keterangan Sehat dari dokter yah (*khan gag lucu, surat keterangan sehat dari teman,,haha).  Selesai mendaftar, kamipun menyiapkan energi untuk memulai pendakian, yah makan nasi telor plus sambal spesial pedas di Warung Makan Mahamer* yang ada di sekitar Ranu Pani.

31_5639

47_5644

Cerita dalam pendakian, aku akan lanjutkan dalam Part 2.
Untuk lanjutan cerita, klik ini ajah Menembus Puncak Mahameru (Gn Semeru 3676 m.dpl) Part 2